5 Jenis Tempe yang Belum Banyak Orang Tahu

Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia karena kelezatan dan nutrisinya yang kaya. Jenis pangan yang terbuat dari kedelai ini bermacam-macam, tidak hanya kedelai saja, tetapi kedelai juga memiliki banyak karakteristik dan keunggulan, tergantung dari bahan bakunya.

Tempe Kedelai

Tempe kedelai adalah bahan baku tempe orek, salah satu pendamping nasi tumpeng mini jakarta. Kedelai adalah salah satu kacang paling terkenal di dunia, dan bahkan dibuat di Jepang dan Belanda. Kacang jenis ini ternyata difermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus. Setiap potong 100 gram, kandungan proteinnya 20,8 gram, serat 1,4 gram, kalsium 155 mg, zat besi dan vitamin B1 4 mg.

Tempe Gambus

Kacang ini terbuat dari sisa tahu dan biasanya lebih keruh dari pada kacang kedelai. Teksturnya lembut dan mengembang, serta rasanya yang enak tanpa bumbu. Tidak banyak orang yang menyukai jenis kacang ini eh karena aromanya yang kuat. Tapi jangan salah sangka, walaupun terbuat dari sisa tahu, makanan ini mengandung 11,05 gram karbohidrat, 4,2 gram serat, dan 12,95 gram protein!

Baca juga : Cara Melunakkan Daging Ayam

Tempe Benguk

Bengkuk adalah sejenis kacang-kacangan yang dipadukan dengan kacang polong dan buncis. Bentuknya seperti kacang koro, abu-abu sampai hitam. Meski biji lengkung ini mengandung racun asam sianida, dengan merendam di air bersih selama 1-2 hari, racun tersebut akan hilang dan bisa dikonsumsi. Kandungan karbohidrat per 100 gram sangat tinggi sekitar 23,2 gram, kalorinya 141 kkal, dan protein 10,2 gram.

Tempe Kecipir

Kecipir merupakan salah satu jenis sayuran yang tumbuh merambat. Biasanya merupakan salah satu sayuran pembantu dalam masakan sop atau masakan asam. Cara pengolahan biji kecipir ini sama dengan kacang kedelai eh, hanya saja sifatnya yang lebih keras membutuhkan waktu lebih lama untuk direbus. Dalam setiap 100 gram potongan kedelai ini, kandungan kalorinya adalah 405 kkal, protein 32,80 gram, dan karbohidrat 36,50 gram.

Tempe Kacang hijau

Kacang bergizi tinggi ini juga dapat difermentasi menjadi temp kacang! Protein ini memiliki 124 mg protein, 7,6 gram serat dan protein tinggi, yang dapat menjadi makanan penurun kolesterol paling efektif.

Baca juga : Nasi Tumpeng Tanpa Santan : Tetap Nikmat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *