Mengapa Terasi Harus Dimasak Sebelum Disajikan?

Terasi adalah salah satu bumbu masakan khas Indonesia. Bumbu yang menggunakan bahan dasar udang, rebon, atau ikan itu kerap digunakan untuk hidangan seperti sambal, tumis, gado-gado, hingga nasi goreng. Terasi lazim digunakan untuk menu catering kantor jakarta. 

Cita rasa terasi yang khas akan menambah sensasi aroma dan rasa unik pada masakan. Tapi, pernahkah terpikir mengapa terasi perlu dimasak dahulu sebelum dikonsumsi?

Pada banyak masakan, terasi hampir tidak pernah dikonsumsi mentah atau sebaiknya memang tidak dikonsumsi mentah karena berbahaya. Terasi mentah dikhawatirkan memiliki kandungan bahan kimia maupun beragam bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit. Seperti halnya telur mentah ataupun makanan mentah lain, terasi pun sebaiknya dimasak dulu.

Baca juga : Jenis Tahu yang Populer di Indonesia

Karena diolah dari udang rebon yang merupakan bahan mentah dan dibuat dengan tangan, akan lebih baik baik jika terasi dimasak lebih dulu. Terasi sebaiknya digoreng, dikukus, atau dibakar lebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Memasaknya merupakan cara terbaik untuk membunuh bakteri penyebab penyakit maupun menghilangkan kemungkinan bahaya dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Baca juga : Cara Merebus Telur Dengan Mudah dan Anti Pecah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *