Memahami Sistem Akreditasi di Amerika

Sekalipun sekolah memiliki sumber daya keuangan untuk beroperasi tanpa bantuan federal, kecuali jika ia juga memiliki uang untuk menyediakan pendidikan yang hampir gratis bagi siswanya, ia tidak dapat bertahan sebagai lembaga pendidikan. Beberapa siswa memiliki kemampuan untuk membayar biaya kuliah penuh dengan uang tunai. Oleh karena itu, banyak siswa akan bergantung pada bantuan keuangan, yang sebagian besar berasal dari pemerintah federal. Bahkan siswa yang dapat memperoleh beasiswa murah hati masih harus menghindari sekolah yang tidak terakreditasi; itu karena sebagian besar penghargaan bantuan keuangan, bahkan beasiswa atau hibah swasta, bergantung pada siswa yang mendaftar di lembaga terakreditasi.

Baca juga : Apa itu Akreditasi Universitas di USA?

Dengan akreditasi universitas yang begitu penting, tidak heran jika sekolah ingin mendapatkan akreditasi. Tapi tidak semua sekolah bisa mendapatkan kredensial ini, jadi mereka mencari jalan pintas. Salah satu jalan pintas yang populer adalah mendapatkan akreditasi dari organisasi yang memiliki persyaratan paling ketat. Meskipun tidak semua lembaga akreditasi diharapkan menetapkan persyaratan akreditasi yang hanya dapat dipenuhi oleh segelintir sekolah, mereka tidak dapat membuat persyaratan tersebut semudah itu sehingga sekolah mana pun dapat memenuhinya. Itulah mengapa lembaga akreditasi harus “diakui” oleh Departemen Pendidikan AS atau Dewan Akreditasi Pendidikan Tinggi.

Ketika Departemen Pendidikan bekerja untuk menentukan apakah sebuah sekolah menyediakan pendidikan dengan kualitas yang memadai untuk menjamin uang federal, itu akan melihat akreditasi. Hanya sekolah yang memiliki akreditasi saat ini yang dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan uang tunai federal.

Jika sekolah diakreditasi oleh organisasi yang tidak diakui oleh CHEA atau Departemen Pendidikan AS, hampir seolah-olah sekolah tersebut tidak diakreditasi sama sekali. Sama seperti akreditasi yang memastikan sekolah bukan pabrik gelar, pengakuan memastikan lembaga akreditasi bukan pabrik akreditasi. Lapisan perlindungan bagi siswa ini membantu memastikan gelar mereka lebih dari sekadar selembar kertas.

Baca juga : Mengenal Raffles University Iskandar Malaysia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *