Tips Membuat Bakso Kenyal

Bakso yang merupakan makanan favorit saya, karena itulah, saya lebih kerap membuatnya sendiri dan menyimpannya jadi stok makanan beku. Bahannya lebih terjamin aman, dan variasi isiannya pun bisa dibikin sesuai selera.

Bakso bakal terasa terlalu lezat jika teksturnya termasuk kenyal dan tidak lembek. Tapi nggak semua orang dapat membuatnya. Bahkan tersedia yang justru memberi tambahan boraks sehingga kenyal, duh bahaya!

Bakso sering dijadikan lauk menu catering kantoran, dan bisa disajikan kering ataupun berkuah. 

1. Gunakan daging sapi segar

Hal pertama yang wajib Anda memperhatikan untuk membuat bakso sapi yang prima yaitu pemilihan daging yang segar. Itulah mengapa kerap ditemukan daerah penggilingan bakso di dekat pemotongan daging, karena daging sapi yang masih segar terlalu bagus untuk dijadikan bahan utama bakso. Pilih daging segar yang bebas lemak, seperti paha sapi anggota dalam.

2. Perhatikan perbandingan bahan

Untuk membuahkan tekstur bakso yang pas, Anda wajib terlalu memperhatikan perbandingan bahannya. Sebagai panduan, anda bisa mencoba membuat perbandingan antara daging sapi giling dan tepung tapioka. Dengan perbandingan setiap 250gr daging, pakai 40gr tepung tapioka, 100gr es batu, dan 1 sdm garam kasar.

3. Tambahkan es batu ke dalam adonan

Giling daging sapi bersama dengan bersama dengan es batu. Tapi wajib diingat, es batu yang dimasukkan wajib udah diserut halus. Atau sehingga lebih mudah, pakai saja air es untuk mencampur bahan bakso. Tidak usah kuatir jika tidak keluar kenyal, setelah ini garam kasar bakal dicampurkan sebagai pengenyal alami.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *